Rabu, 19 Maret 2008

DESKRIPTIF EKSKUL

DI BALIK NAMA PRAMUKA


Salam Pramuka...!!!
Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti Pramuka merupakan suatu organisasi yang sangat erat kaitanya dengan kedisiplinan. Dalam setiap kegiatan pasti mempunyai peraturan-peraturan yang tentunya tidak boleh dilanggar oleh anggota pramuka itu sendiri. Biasanya setiap kali seseorang melanggar peraturan,maka pastilah orang itu mendapatkan sanksi yang tegas dari anggotanya yang lain.
Jangan kira kalau Pramuka itu hanya melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat monoton.
Pramuka identik dengan alam jadi setiap kegiatannya lebih banyak dilakukan di alam terbuka (out bound) seperti perkemahan,hiking,lintas alam,dll. Seringkali setiap kegiatan yang dilakukan diberi sentuhan yang tentunya dapat menghibur kepada para anggota maupun peserta kegiatan.
Selain itu,Pramuka juga merupakan prganisasi yang memberikan banyak pengalaman menarik.
Mungkin sebagai anggota Pramuka,saya punya sedikit cerita yang cukup menarik,begini ceritanya ;
Dunia Lain di Lingkup Pramuka
Sebuah pengalaman yang takkan pernah terlupakan dan bila mengingatnya selalu menyentuh
hati.Saat itu tengah melaksanakan perkemahan di suatu daerah yang terpencil, dimana lokasinya masih alamiah,karena masih rimbun oleh pohon yang mengelilinginya,terutama pohon bambu.
saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat itu pun, perasaan sudah tidak menentu dan nyaman.Namun,kurasa perasaan itu adalah sebuah khayalan.Terbukti,setelah satu hari kami berada di bumi perkemahan itu tidak terjadi sesuatu apapun.
Waktu pun di habiskan sesuai jadwal.Pada saatnya berpetualang,kami berpetualang.Meskipun kami menemui kesulitan kami jalani bersama.Malam itu,dimana setelah siangnya menjalani kegiatan out bound, telah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.Seseorang telah tumbang karena hadirnya sesosok makhluk yang tidak seharusnya 'mampir' di alam manusia hanya untuk
mengganggu. Namun masalah seperti itu mudah saja untuk diselesaikan, kerena kami segera mengingat-Nya. Malam itu menjadi malam yang sangat mencekam.Tak ada yang berani keluar tenda setelah kegiatan habis.Hingga sepertinya mereka terlelap.Kami pun terlelap...
Lapang itu hening.Hanya suara malam yang berbisik.
Namun,tak disangka tak dirasa,esok harinya terjadi hal-hal yang lebih hebat lagi.Dan salah satunya terjadi padaku.Sore itu,aku hendak mengambil air wudhu yang letaknya di bawah bumi
perkemahan,perasaanku menjadi lain.Berbeda dari biasanya.Tiba-tiba tengkukku menjadi berat.Aku terkejut.Seperti ada sesuatu yang masuk ke jiwaku.Dadaku terhempit,nafasku tertahan.Seolah itu membawaku dalam ketidaksadaran.Hal itu berlanjut hingga malam kembali mencekam diriku.Ternyata aku memang tak tersadarkan.Aku melihat,namun tidak merasakan. Lalu,aku mendengar ayat-ayat suci yang dilantunkan seolah ku mendengarnya dari kejauhan. Semakin lama ku dengar,semakin jelas.Akhirnya aku kembali bisa merasakan seluruh gerak tubuhku.Dan ku lihat sekelilingku,ku tatap wajah teman-temanku yang tak lagi memperdulikanku.Aku heran,lalu aku marah karena kesal.Tetapi mereka malah balik memarahiku.Aku terkejut.Sebenarnya apa yang makhluk itu perbuat pada raga dan hidupku?. Aku hanya bisa menangis.Menangis sekerasnya melepas kekesalan yang di barengi ketakutan. Tanpa sadar ku katakan "Yang tadi bukan aku.Aku tak sadar dengan apa yang kulakukan tadi." Ku hanya bisa menangis tersedu.Sungguh,aku takut menghadapi hal seperti ini.
Mereka hanya terdiam dalam terkaan mereka mengartikan perkataanku.Mereka mendekatiku, memelukku,menenangkanku.Setelah tangisanku reda,aku di ajak keluar untuk mengikuti acara selanjutnya.Hanya beberapa langkah saja dari tenda,ada sesosok bayangan yang tak jelas kulihat karena saking cepatnya dia menghambur ke arahku.Setelah itu...
Serasa aku melayang, dan tiba di pelukan sesosok makhluk yang menakutkan.Bertubuh besar dan berbulu lebat.Tentu saja ketakutanku memuncak.Aku teriak sekeras yang aku bisa dan sekuat tenaga yang tersisa.Alhasil, tak ada yang memperdulikanku.Mereka melangkah
melewatiku tanpa menoleh ke arahku.Kulihat,ragaku melayang memapah teman-temanku ke tempat yang ditujunya.
Entah bagaimana,tiba-tiba ada seulur tangan ke arahkuyang membawaku kembali menetap di ragaku.setibanya,aku telah berada di pangkuan kekasihku.Dia menyembutku dengan senyuman yang menyembunyikan sebuah kekhawatiran.Aku tetap hanya bisa menangis,karena itu yang membuatku sedikit tenang.Dia memberiku segelas air untuk melepas dahaga dan mencoba menenangkanku.Mengelap keringatku dan mengoles obat nyamuk untukku.Hingga aku terlelap tidur,dia berada di sampingku.
Itu memang mengerikan rasanya.Tapi tak membuatku putus semangat mengikuti kegiatan seperti itu lagi.Hal itu adalah resiko,berada di alam terbuka yang jauh dari keramaian.Bagiku, semua adalah tantangan belaka.
Nah cukup seru kan pengalamanku tentang Pramuka,jadi pokoknya Pramuka itu penuh tantangan tapi menyenangkan banget,jadi gabung aja dengan kita di ekskul Pramuka...Ok!

Tidak ada komentar: